Khairul Siregar

Sabtu, 28 November 2015

Bagian otak beserta funsi


Bagian otak beserta funsi
Otak manusia adalah pusat sistem saraf pada manusia. Letaknya di dalam kepala dan dilindungi oleh tulang tengkorak dan dibungkus oleh selaput (meninges).
  1.     Korteks Serebri
Korteks serebral adalah bagian terluar otak besar, sehingga disebut juga korteks otak besar. Fungsi korteks serebri adalah untuk mengatur kegiatan sensorik, motorik, dan asosiatif.

  2.      Otak Besar
Otak besar (cerebrum/serebrum) adalah bagian terbesar dalam otak. Otak besar terbagi menjadi empat lobus dan terdapat dua bagian. Fungsi otak besar adalah untuk mengatur indera dan otot.

  3.       Basal Ganglia
Basal ganglia atau ganglia dasar adalah materi abu-abu di bagian dalam belahan otak. Fungsi basal ganglia adalah untuk mengontrol kognisi, melakukan koordinasi gerakan, dan pengaturan gerakan tak sadar.

  4.     Diensefalon
Diensefalon adalah bagian dalam otak yang terdiri dari pretalamus, zona limitans intrathalamica, talamus, hipotalamus, epitalamus, dan pretektum. Fungsi diensefalon adalah mengendalikan pola makan, defekasi, menghubungkan komunikasi antar belahan otak besar, mengatur waktu biologis, dan mengatur sekresi hormon.

  5.     Otak Kecil
Otak kecil atau cerebellum/serebelum adalah bagian otak yang berada di bawah lokus oksipital serebrum, memiliki struktur mirip otak besar, dan berukuran jauh lebih kecil dari otak besar. Fungsi otak kecil adalah sebagai pusat keseimbangan, mengatur sebagian gerak motorik, dan koordinasi antar otot.

  6.     Kelenjar Pituitari
Kelenjar pituitari atau kelenjar hipofisis adalah kelenjar utama yang menghasilkan berbagai macam hormon. Fungsi kelenjar pituitari adalah untuk mensekresikan berbagai macam hormon dan sebagai pengendali kelenjar lain di dalam tubuh manusia.

  7.      Talamus
Talamus adalah bagian diensefalon yang memiliki panjang sekitar satu inci dan berada di bagian sentral otak. Fungsi talamus adalah sebagai penerima informasi sensorik dari panca indera yang kemudian diteruskan ke korteks serebri.

  8.     Hipotalamus
Hipotalamus adalah bagian dari diensefalon yang merupakan bagian utama dalam sistem hormon pada manusia. Fungsi hipotalamus adalah mengkaji impuls yang datang dari seluruh tubuh, menjaga kestabilan suhu tubuh, mengendalikan takanan darah, mengatur keseimbangan cairan, menghubungkan sistem hormon dengan sistem saraf, dan mengatur pola tidur.
  9.     Pons
Pons adalah bagian yang sangat kecil dengan panjang hanya 2,5 cm. Meskipun kecil, fungsi pons sangatlah penting yaitu sebagai penghubung banyak impuls (rangsangan) dengan otak. Itu dikarenakan terdapat banyak sinapsis yang terhubung dengan pons.

 10. Batang Otak
Batang otak adalah bagian posterior (belakang) otak yang merupakan sebutan untuk kesatuan medula oblongata, pons, dan mesencphalon. Fungsi batang otak adalah untuk meneruskan impuls ke cerebrum dan menyilang serat kortokospinal. Penyilangan tersebut membuat tubuh kanan dikendalikan oleh otak kiri dan sebaliknya.

:)Sekian dari saya Khairul Siregar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar